Selasa, 24 Mei 2011

Ikan Depik, ikan khasnya daerah Gayo


Ikan Depik menjadi suatu kebanggaan masyarakat Gayo. Ikan yang hanya berukuran sebesar jari telunjuk ini menjadi khasnya daerah Gayo. Habitatnya juga di danau daerah Gayo sendiri, yaitu Danau Laut Tawar. Banyak masyarakat Gayo sendiri mengkonsumsi ikan ini, walaupun harga masih sulit diajak kompromi karena minimnya tangkapan dari nelayan.



Para nelayan mulai sibuk menangkap ikan ini pada
pertengahan tahun di Danau Laut Tawar. Sebagai tandanya terjadinya perubahan iklim, turunnya hujan dan berbedanya angin yang berhembus. Biasanya masyarakat Gayo menyebutnya hujan Depik, sebagai tanda musim panen Depik telah tiba.
Banyak dari moyang - moyang terdahulu menceritakan asal usul ikan depik. Singkat ceritanya, ikan ini berasal dari sejumlah nasi yang dibuang ke danau tersebut. Dengan lama berjalan waktu, nasi itu berubah menjadi seekor ikan Depik tiap butirnya. Sehingga sejumlah ikan Depik pun hidup di danau tersebut.

Banyak aneka masakan yang bisa dibuat dengan bahan utama ikan Depik. bagi yang suka kuliner menikmati masakan khas daerah jangan sampai ketinggalan menikmati khasnya Depik Gayo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar