Selasa, 24 Mei 2011

Tata Berbahasa di dalam Blog

Semua orang menggunakan bahasa dalam berkomunikasi, baik dalam bentuk media ataupun suara. Tata dalam berbahasa juga sangat berpengaruh dalam berkomunikasi. Pemahaman seseorang dalam menyampaikan sebuah pendapat, artikel, dan segala bentuk tulisan lainnya juga bergantung kepada tata bahasa.

Sekarang saya mau bercerita sedikit tentang tata bahasa yang digunakan di dalam blog. Banyak blogger yang menggunakan Bahasa Indonesia baku yang baik dan benar dalam menyampaikan sebuah artikelnya di blog. Dan tidak sedikit juga para blogger menggunakan
bahasa yang tidak baku, bahasa keseharian atau lebih dikenal dengan bahasa pergaulan.
Bahasa Indonesia baku adalah Bahasa Indonesia yang bentuk bahasanya telah dikodifikasi dan diterima, serta difungsikan sebagai
model oleh masyarakat Indonesia secara luas. Sedangkan, Bahasa Indonesia nonbaku memiliki bentuk bahasa yang tidak difungsikan oleh masyarakat Indonesia secara luas, tetapi hanya secara khusus.
Untuk memperluas sebuah artikel agar lebih dapat diterima oleh masyarakat Indonesia secara luas, Bahasa Indonesia baku adalah tata bahasa yang paling tepat digunakan. begitu juga dengan Bahasa Indonesia nonbaku yang difungsikan hanya untuk kalangan khusus.
Jadi, tata bahasa yang digunakan di blog juga demikian. Sebaiknya, bagi yang memiliki web/blog resmi gunakan tata Bahasa Indonesia baku agar lebih dapat diterima oleh masyarakat Indonesia secara luas. Bukan berarti, menulis menggunakan Bahasa Indonesia baku adalah tata bahasa yang benar. Bahasa Indonesia baku memiliki konteks tertentu saat digunakan, termasuk blog/web resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar